Cara Mengatasi HP Tercebur Air

Advertisemen
Dimasdali kali ini buat coretan tentang cara mengatasi tercebur air, karena belum lama HP jaman dulu satu-satunya benar-benar tercebur ke dalam air. Sepertinya cerita apa dan bagaimana HP itu tercebur tidak perlu disampaikan, tapi akhirnya HP bisa berfungsi lagi setelah menjalani sekian proses terapi. Waduh, proses terapi seperti orang sakit dong! Memang HP kalau tercebur air pasti sakit, jika terlambat menjalani terapi yang benar atau bisa-bisa di lembiru (dilempar beli yang baru). Buat yang pas-pasan, jangankan lembiru, lemper saja  sulit didapat saat ini.  Meskipun sudah tercebur, kalau bisa diusahakan untuk bisa berfungsi kembali. Minimal bisa buat halo-halo gitu.

Bagaimana bisa hidup lagi, sedangkan air sudah masuk ke bagian dalam HP? Tentunya tergantung dari cara mengatasi HP tercebur air. Bila terceburnya kedalam laut, sungai atau danau yang dalam lebih baik biarkan saja, daripada harus bertaruh nyawa demi HP. Untuk HP ynag tercebur air tidak begitu dalam, seperti ke dalam bak mandi, ember atau sejennisnya, barulah kemungkinan HP masih bisa diselamatkan. Tentu harus menggunakan cara yang benar dalam mengatasinya. Bagaimana cara mengatasi HP tercebur air? Cara sesuai dengan pengalaman ketika hp tercebur air seperti dibawah ini:

1. Lepaskan Batere dari HP

Pertama kali dan wajib dilakukan. bila HP tercebur air adalah membuka batere. Itu dulu dan jangan panik, langsung buka tutup batere dan keluarakn batere dari HP. Hal ini sangat diperlukan, agar tidak terjadi hubungan singkat akibat air yang masuk. Apa iya masih bisa hidup setelah dikeluarkan baterenya? Kemungkinan HP tercebur air masih bisa digunakan, tentunya masih. Kerusakan komponen elektronik seperti IC yang terdapat dalam HP akan menjadi panas akibat hubungan singkat yang terjadi. Unutk itulah sesegera mungkin buka dan lepas agar komponen elektronik dalam HP, agar tidak terlalu lama mengalami hubungan singkat akibat air yang masuk. Setelah batere dibuka, keringkan batere dan simpan saja dulu menunggu proses selanjutnya. Jangan terburu-terbur untuk mencoba mnghidupkan HP, meskipun sudha dikeringkan bagian luar dan baterenya. Dijamin, bila terburu-buru HP malah mati total dan tinggal dikubur.

2. Buka Casing dan Keringkan Bagian dalam HP

Setelah melepas batere lalu apa lagi yang harus dilakukan sebagai cara mengatasi HP tercebur air? Cara berikutnya, yaitu segera bawa ke counter HP bila ingin kekeringannya sempurna, karena di counter HP biasanya memiliki alat (obeng) untuk membuka HP atau buka sendiri HP yang tercebur air tersebut. Kemudian keringkan dengan hair dryer atau pergi ke bengkel motor terdekat (tambal ban) menggunakan angin kompressor agar air terhalau oleh tekan tinggi udara kompresor. Setelah disemprot menggunakan Hairdryer atau angin kompressor, keringkan lagi dengan kain agar benar-benar sempurna kekeriingannya. Ada baiknya HP dibiarkan beberapa hari dalam keadaan terbuka, letakkan ditempat aman agar kelengkapan HP dan bautnya tidak tercecer atau hilang. Barulah setelah yakin bagian-bagian HP tersebut telah kering, maka pasang kembali seperti semula. Setelah terpasang hal yang harus dilakukan adalah berdoa, lalu pasang batere dan hidupkan kembali.. Tra la la, bila hidup, berarti kita masih beruntung. Apabila tidak juga hidup, berarti HP itu perlu di lembiru.

Cara mengatasi HP tercebur air tersebut telah dibuktikan dan memang manjur, atau mungkin karena beruntung saja HP saya bisa hidup lagi dalam tiga hari setelah terapi. Untuk smartphone atau sejenisnya, lebih baik cara pertama itu yang harus dilakukan, yaitu keluarkan baterenya, lalu segera bawa ke UGD di counter terdekat, agar segera diberikan perawatan. Demikian tulisan kali ini, semoga berguna bagi siapa saja yang HP nya tercebur air...Warning: biarkan saja bila HP tercebur ke dalam air sungai, laut atau danau, lebih baik ganti yang baru daripada harus ganti alam kehidupan. Bila memang tercebur di tiga lokasi itu, berarti kita beruntung, karena bisa ganti HP produk terbaru.
Advertisemen

Salam!!!:Terima kasih untuk teman-teman yang sudah mampir ke blog saya, Penulis: Dimasdali
Related Posts
© Copyright 2017 Blog Dimasdali - All Rights Reserved - DMCA- Template Created by goomsite - ASR Search Engine - Proudly powered by Blogger