Teknologi Mobil Impianku Aman Anti Macet

Advertisemen
Teknologi Mobil Impianku Aman Anti Macet benar-benar menjadi mobil impian, disamping harga terjangkau, berpenampilan terkini dan hemat bahan bakar. Pada GAIKINDO INDONESIA INTERNATIONAL AUTO SHOW 2017 (GIIAS2017) pada tanggal 17-20 Agustus 2017, saya berharap teknologi mobil impianku menjadi kenyataan.

Bilamana melihat perkembangan dunia otomotif yang selalu di pamerkan di pameran mobil GIIAS sejak tahun 1986. Dari awal event akbar GIIAS hingga tahun 2016 yang lalu, perkembangan automobil begitu cepat dan sangat canggih. Tapi besar harapan, diajang GIIAS 2017 muncul mobil yang tidak sekedar super cepat, irit bahan bakar dan murah.

Teknologi Mobil Impianku Aman Anti Macet Cocok Untuk Indonesia


Bukan tidak beralasan, jika impianku adalah pada mobil yang aman dan anti macet. Pasalnya adalah seperti kota-kota besar di Indonesia saat ini kondisinya sangat padat dan sulit untuk berjalan cepat. Kemacetan terjadi dimana-mana, baik di jalan protokol tengah kota atau pun jalan-jalan pelosok. Hal tersebut sepertinya telah menjadi perhatian global.


Kemacetan bukan saja berdampak pada perlambatan ekonomi, tetapi juga keamanan dan keselamatan generasi mendatang. Produsen mobil mungkin telah memikirkan berbagai hal terkait pencemaran, penghematan dan lain sebagainya. Kejutan dan perkembangan teknologi otomotif, terutama automobil memang sangat luar biasa.

GIIAS sejak awal di tahun 1986 hingga 2016 telah menampilkan teknologi mobil terkini, bisa dikatakan mobil masa depan. Produsen mobil ternama dari beberapa negara maju selalu hadir diajang GIIAS menyuguhkan teknologi, desain dan keandalan melampaui jaman. Begitu pun dengan produsen mobil lokal, seperti Toyota, Mitsubishi, Suzuki, dan beberapa merek lainnya tampil dengan berbagai produk andalan.

Semua mobil yang dipamerkan pada even GIIAS adalah produk mobil terbaik, lalu bagaimana dengan GIIAS 2017? Apakah ada teknologi mobil impianku aman anti macet diantara mobil-mobil yang berjajar pada even akbar GIIAS 2017 beberapa hari mendatang? Apa sebenarnya teknologi mobil aman anti macet yang saya impikan?

Teknologi Mobil Impianku Aman Anti Macet Penting untuk Diterapkan Pada Mobil Masa Depan

Model terbaru, performa canggih, harga terjangkau dan berbagai fitur tambahan menarik belum cukup untuk situasi Indonesia saat ini, khususnya di Jakarta. Semua paham dan sadar betul, bukan mobil yang salah bila dikaitkan dengan terjadinya kemacetan. Bukan juga mobil yang harus menjadi objek pada sebuah kecelakaan. Semua akibat dari kesalahan manusia yang terkadang melampaui batas.


Ada dua faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas pada mobil, yaitu faktor internal mobil terkait teknologi dan faktor eksternal, yaitu si pengemudi. Lalu untuk penyebab terjadinya kemacetan, penyebab mayoritas adalah si pengendara dan bukan disebabkan oleh begitu banyaknya mobil di jalan.


Antisipasi produsen mobil untuk memproduksi mobil aman telah ada, mulai dari balon pelindung (air bag) pada bagian kemudi kanan dan depan penumpang kiri. Sebagian produsen mobil bahkan ada yang telah melengkapinya pada sisi kiri dan kanan penumpang, baik dengan memperkuat pintu atau dengan tambah pelindung udara (air bag). Banyak lagi kelengkapan keamanan lain yang telah dikembangkan oleh berbagai produsen mobil.

Seperti Apa Teknologi Mobil Impianku Aman Anti Macet itu?

Teknologi keamanan mobil seperti perlu ditingkatkan teknologinya, karena kelengkapan keamanan yang telah diadopsi tersebut berfungsi hanya pada saat terjadinya kecelakaan. Teknologi mobil impianku adalah mobil yang memiliki kemampuan menjaga dan bisa disebut mobil pintar. Mobil ini tidak bisa berjalan, bilamana kondisi mobil atau pengendara tidak memungkinkan untuk berjalan.

Demi meningkatkan keamanan dan keselamatan penumpang, serta mengurangi terjadinya kemacetan, perlu teknologi baru pada mobil. Teknologi tersebut bisa saja berupa perangkat yang dapat mendeteksi kondisi mobil dan si pengemudi. Sebagian mobil telah menerapkan teknologi keamanan seperti deteksi tekanan ban, minyak pelumas, temperatur mesin, sensor mundur, sensor samping kiri dan kanan, dan beberapa sensor lainnya.

Teknologi keamanan yang telah ada masih kurang, karena tidak bisa mencegah atau mengingatkan penumpang bilamana tidak laik untuk berkendara. Misalnya adalah detak jantung yang lemah, rasa kantuk atau suhu badan tidak dapat terdeteksi. Bahayanya adalah tidak dapat mendeteksi pengemudi yang tidak laik jalan, yaitu tidak memiliki surat ijin mengemudi (SIM).

Harapan besar pada beberapa produsen mobil untuk memproduksi mobil seperti teknologi mobil impianku. Mobil impianku tidak akan bisa dijalankan bilamana kondisi mobil tidak laik jalan,, karena ada beberapa sensor pada komponen yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Teknologi mobil impianku bukan sekedar murah dan hemat bahan bakar, tetapi bisa mencegah pengemudi tanpa SIM berkendara. Teknologi mobil impianku dapat mendeteksi kondisi pengemudi laik atau tidak untuk berkendara. Teknologi mobil impianku bukan sekedar aman, tetapi dapat mengurangi kemacetan.

Kenapa bisa mengurangi terjadinya kemacetan lalu lintas?

Mobil impianku dilengkapi perangkat seperti sebuah layar yang dapat dibaca, memberi sinyal kepada pengemudi. Pertama adalah memberitahukan kondisi mobil secara menyeluruh terkait keamanan, lalu kemudian memeriksa kondisi penumpang, termasuk memeriksa surat ijin mengemudi. Alat ini bila perlu terhubung secara online dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia dan produsen mobil. Artinya catatan STNK dan riwayat mobil bisa dilihat. 

Pengemudi yang akan berkendara harus membetahukan nomer SIM, dan mengukur tekanan serta suhu tubuh sebelum menjalankan mobil. Tanpa SIM atau Pengemudi kondisi tidak laik, maka mobil tidak akan bisa dihidupkan. Teknologi perangkat ini terhubung dengan sistem kelistrikan mobil, sehingga mobil tidak mungkin bisa hidup sebelum verifikasi kondisi selesai dan laik jalan. Pada akhirnya mobil tidak akan bisa berjalan, meskipun dipaksa atau dengan cara curang sabotase sistem keamanan.

Bilamana mobil harus dikendarai oleh pengendara yang laik jalan, terutama yang memiliki surat ijin mengemudi, maka mobil dengan pengemudi tanpa SIM akan hilang dari jalan. Mobil tidak akan sampai celaka bilamana kondisi kesehatan mobil terdeteksi dan mobil tidak bisa berjalan di jalan raya. Kemacetan bisa terjadi akibat hal sepele, mulai dari terlalu banyak mobil akibat sebagian pengemudi tanpa SIM, mobil rusak lalu mogok atau telah terjadi kecelakaan.

Besar harapan Teknologi Mobil Impianku Aman Anti Macet hadir diajang otomotif terbesar Indonesia GIIAS 2017 yang akan berlangsung pada tanggal 17-20 Agustus 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Semoga, teknologi yang dipamerkan pada GIIAS 2017 bukan sekedar model, kenyamanan, ramah lingkungan, tetapi perlindungan penuh pada keamanan, keselamatan dan jikalau perlu adalah anti macet. Terima kasih, semoga ajang pameran mobil GIIAS 2017 dan seluruh pesertanya meraih sukses besar di tahun 2017 hingga tahun berikutnya.
Advertisemen

Salam!!!:Terima kasih untuk teman-teman yang sudah mampir ke blog saya, semoga SUKSES BUAT SEMUA.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Blog Dimasdali - All Rights Reserved - DMCA- Template Created by goomsite - ASR Search Engine - Proudly powered by Blogger